PILPRES 2024

Nama Prabowo Masuk Radar Capres PAN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 26 April 2023 | 17:43 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Wasekjen Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Fikri Yasin mengamini nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masuk radar partainya sebagai capres untuk Pilpres 2024. Nama Prabowo masih digodok di internal PAN.

"Soal kaitan dengan kita, memang potensi capres kita awalnya Ganjar Pranowo tapi saat ini Prabowo juga masuk dalam kajian kita," kata Fikri dihubungi wartawan, Jakarta, Rabu, 26 April 2023.

Fikri menyebut dalam waktu dekat PAN akan mendeklarasikan nama capres. Dia menyebut sosok yang akan diusung tak jauh berbeda dengan nama yang sudah beredar.

"Kita berharap dalam waktu dekat PAN juga akan memutuskan siapa capresnya. Tapi rasanya tidak jauh dari nama-nama yang beredar sekarang," kata dia.

Sementara itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan partainya menyambut baik keputusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang telah mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

"Pertama kami mengapresiasi apa yang telah diputuskan oleh PPP dengan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capresnya tentu itu sebuah keputusan yang kami hormati," kata Eddy dikonfirmasi terpisah.

Eddy menyebut usulan masing-masing capres di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan dibahas dalam pertemuan lanjutan. Rencananya pertemuan itu digelar di kediaman Ketum Golkar Airlangga Hartarto besok.

"Kami dalam kesempatan ini juga ingin menyampaikan bahwa rencana pertemuan antara ketua umum parpol yang tergabung dalam KIB, yang rencananya hari Kamis tanggal 27 April di kediaman Pak Airlangga ya akan membahas tidak hanya sekadar posisi masing-masing parpol atau posisi KIB dalam mengusung capres dan cawapres yang akan datang," kata Eddy.

Selain itu, kata dia, dalam pertemuan itu anggota KIB akan membahas kelanjutan pembentukan dari Koalisi Besar. Koalisi ini merupakan penggabungan KIB dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Pembentukan koalisi kebangsaan yang digagas beberapa waktu lalu ketika para Ketum parpol berkumpul di bulan Ramadan di Kantor DPP PAN yang ketika itu juga dihadiri oleh Pak Jokowi," tegas dia.

Sebelumnya, PPP resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Dukungan terhadap Ganjar itu diputuskan usai menggelar rapat koordinasi pimpinan nasional pada Selasa, 25 April 2023.sinpo

Komentar: