arus balik lebaran 2023

'One Way' di Tol Kalikangkung hingga Cikampek Kembali Diperpanjang

Laporan: Martahan Sohuturon
Kamis, 27 April 2023 | 02:52 WIB
Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah. (SinPo.id/Jasa Marga)
Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah. (SinPo.id/Jasa Marga)

SinPo.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperpanjang skema rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cikampek. Perpanjangan ini dilakukan hingga Kamis, 27 April 2023 pukul 24.00 WIB.

"(One way) masih akan terus dilanjutkan. Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Kamis, 27 April 2023 pukul 24.00 WIB," kata Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangannya pada Rabu, 26 April 2023.

One way di jalur tersebut seharusnya berakhir pada Rabu, 26 April 2023 pukul 24.00 WIB tadi. Namun, volume kendaraan yang masih padat membuat skema one way dilanjutkan. Eddy berkata, jika tiga jam sebelum skema one way di jalan tol masih padat kendaraan, maka skema one way masih akan diberlakukan. Namun sebaliknya, jika situasi volume lalu lintas menurun, maka one way akan dihentikan.

"Apabila pada periode perpanjangan tersebut kondisi lalu lintas dilihat dari traffic counting (VCR di bawah ketentuan), pantauan CCTV dan laporan petugas di lapangan selama tiga jam berturut turut maka rekayasa lalu lintas one way dapat dihentikan sebelum jadwal yang ditentukan," ujarnya.

Berdasarkan data per Rabu, 26 April 2023 pukul 19.00 WIB, beberapa ruas jalan tol dari arah Timur menuju Barat yang masih padat kendaraan antara lain Km 428+500 B Jalan Tol Semarang–Solo, Gerbang Tol Banyumanik, serta Km 190 B Palikanci.

Dari pemantauan melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan, menurut Eddy, masih terdapat peningkatan arus lalin yang cukup merata dari arah Semarang dan Solo menuju ke arah Barat.

Sementara itu, Eddy mengatakan kepadatan kendaraan dari arah Selatan atau Bandung menuju arah Barat di antaranya di Gerbang Tol Cikatama, Gerbang Tol Kalihurip, Gerbang Tol Kalitama, serta Km 100 B Cipularang.

"Berdasarkan pemantauan melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan masih terdapat peningkatan arus lalin yang signifikan dari arah Bandung dan Cileunyi," tuturnya.

Selain itu, Eddy juga menyebut pemberlakuan  diskon tarif tol pada 27 hingga 29 April 2023 juga membuat volume kendaraan tinggi selama arus balik sehingga perlu dilakukan rekayasa lalu lintas.

"Adanya pemberlakuan diskon tarif tol Semarang–Jakarta sebesar 20 persen pada tanggal 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB yang berpotensi meningkatkan volume lalu lintas," ujarnya.sinpo

Komentar: