Pesawat Ruang Angkasa Jepang Gagal Mendarat di Bulan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 April 2023 | 17:42 WIB
Pesawat ruang angkasa Jepang, Hakuto M1/iSpace
Pesawat ruang angkasa Jepang, Hakuto M1/iSpace

SinPo.id -  Pesawat ruang angkasa Hakuto-R Mission 1 (M1) milik perusahaan startup ispace Jepang gagal mendarat di bulan setelah kehilangan kontak.

Menurut pihak perusahaan, kemungkinan pesawat jatuh di permukaan bulan, saat pendarat mendekati bulan, karena sistem pengukuran ketinggiannya salah menghitung jarak ke permukaan.

“Itu tampaknya terjun bebas ke permukaan karena kehabisan bahan bakar untuk menyalakan pendorongnya,” kata kepala petugas teknologi, Ryo Ujiie, dilansir dari Vice News, Kamis 27 April 2023.

Juru bicara pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno, mengatakan meskipun sedih karena misi tersebut gagal, negara tetap menginginkan ispace untuk terus berusaha untum mengembangkan industri luar angkasa dalam negeri.

Seperti diketahui, satu jam sebelum pendaratan yang direncanakan, M1 setinggi 2,3 meter memulai fase pendaratannya secara bertahap, dengan memperketat orbitnya mengelilingi bulan dari 62 mil atau 100 km di atas permukaan, menjadi sekitar 15 mil, melaju dengan kecepatan hampir 3.700 mph.

"Pada kecepatan seperti itu, memperlambat pendarat ke kecepatan yang benar melawan tarikan gravitasi bulan seperti menekan rem sepeda tepat di tepi lereng lompat ski," paparnya.

Padahal, pesawat ruang angkasa tersebut akan melakukan pendaratan di tepi Mare Frigoris di belahan utara bulan. Namun sinyal tentang keberadaannya menghilang.sinpo

Komentar: