PARIWISATA ASEAN

Menpar se-ASEAN Sepakat Wujudkan Konektivitas Melalui Pariwisata

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 30 April 2023 | 17:35 WIB
Tempat wisata Raja Ampat (SinPo.id/ indonesiatravel)
Tempat wisata Raja Ampat (SinPo.id/ indonesiatravel)

SinPo.id - Para Menteri Pariwisata ASEAN telah menyepakati ASEAN Tourism Strategic Plan 2016-2025 untuk mewujudkan konektivitas melalui pariwisata. Hal itu diyakini dapat menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing, inklusivitas, dan ikatan komunitas.

Menurut Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila (UP), Devi Roza Kausar, keketuaan Indonesia di ASEAN bisa membuat sektor pariwisata di kawasan itu saling terkoneksi.

"Indonesia bisa memengaruhi dengan produk-produk pariwisata yang mengangkat kesamaan dari ASEAN, karena secara gastronomi makanannya mirip-mirip," kata Devi, di Jakarta, Minggu 30 April 2023.

Pasalnya, Indonesia memiliki beberapa produk makanan atau minuman yang mirip dengan beberapa negara di ASEAN. Seperti cendol misalnya, yang juga ada di Malaysia dan Thailand. Sehingga dapat ditampilkan sebagai produk pariwisata yang kolektif.

"Selain itu, ada juga peninggalan bersejarah (heritage) berupa candi seperti Borobudur di Indonesia, Angkor Wat di Kamboja, Ayutthaya di Thailand. Mereka punya sejarah yang terkoneksi," paparnya.

"Kesamaan itu bisa dijadikan sebagai objek wisata unggulan ASEAN. Tur wisata ke beberapa negara ASEAN yang mempunyai sejarah saling berhubungan, misalnya, bisa dijadikan unggulan," kata Devi menambahkan.sinpo

Komentar: