PILPRES 2024

Berlatar Belakang Militer dan Pengusaha, Prabowo-Erick Thohir Diyakini akan Saling Melengkapi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 30 April 2023 | 22:52 WIB
Prabowo Subianto dan Erick Thohir (SinPo.id/ Instagram)
Prabowo Subianto dan Erick Thohir (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Survei Indikator menyebut jika kans Prabowo untuk menjadi Presiden di 2024 sangat besar. Tren elektabilitas Menteri Pertahanan itu terus meningkat, berbeda dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Simulasi jika Prabowo dipasangkan dengan Erick Thohir juga mengungguli pasangan lainnya. Dalam survei, elektabilitas Prabowo Subianto - Erick Thohir mencapai 32,8 persen, sementara Ganjar Pranowo - Sandiaga Uno 32,5 persen, lalu Anies Baswedan - AHY 24, 4 persen.

Prabowo Subianto - Erick Thohir juga unggul dengan 34,4 persen jika dibandingkan pasangan Ganjar Pranowo - Ridwan Kamil yang memperoleh 33.1 persen, dan Anies Baswedan - Khofifah 21.5 persen.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan, temuan survei ini menunjukan kedua figur tersebut dilihat sebagian besar publik ini sebagai pasangan calon saling melengkapi satu sama lain.

"Latar belakang pengalaman dalam dunia militer dimiliki oleh Prabowo Subianto dilengkapi Erick Thohir yang berlatar belakang sipil dan pengusaha sukses," kata Bawono dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 30 April 2023.

Apabila kelak Prabowo dan Erick berpasangan sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden, Bawono yakin, keduanya dapat berbagi peran. Prabowo Subianto lebih kepada kepemimpinan nasional secara umum terutama relasi dengan pemimpin-pemimpin negara lain.

"Sedangkan Erick lebih mengurusi manajemen pemerintahan dan juga sekaligus memastikan implementasi kebijakan-kebijakan di lapangan," katanya.

Menurut Bawono, karakter ketegasan dimiliki Prabowo Subianto dilengkapi dengan karakter kecakapan komunikasi dimiliki oleh Erick Thohir. Dia menilai, hal ini akan menjadi sebuah kombinasi yang menarik.

"Boleh jadi publik juga melihat kedua figur ini merupakan dua Menteri menonjol dari jajaran Menteri kabinet saat ini," tandasnya.sinpo

Komentar: