CUACA EKSTREM

Cuaca Ekstrem, Pemda di Kalteng Diminta Mitigasi Daerah Rawan Karhutla

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 30 April 2023 | 23:21 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi cuaca ekstrem (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Anggota DPR RI, Agustiar Sabran, meminta kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda) di Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk memitigasi sejumlah daerah yang rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tengah cuaca ekstrem.

"Diharapkan bahaya karhutla di Kalteng tidak akan terjadi karena setiap daerah sudah mengantisipasi terkait hal tersebut," kata Agustiar, dikutip Minggu 30 April 2023.

Ia mengatakan, pemerintah provinsi (pemprov) setempat telah berkoordinasi dengan pemda untuk membahas bahaya karhutla termasuk menganggarkan dana penanganan karhutla. Namun perlu adanya sinergi dan saling dukung antar instansi agar bisa menekan berbagai risiko yang bisa terjadi.

"Jangan pernah sepelekan terkait bahaya karhutla tersebut, karena karhutla bisa saja terjadi apalagi cuaca di Kalteng saat ini cukup panas dan mencapai angka 35 derajat celcius," ungkapnya.

Di samping itu, ia juga meminta Polda Kalteng untuk tidak segan dalam menindak tegas siapa pun yang dengan sengaja membakar lahan. Karena selain dapat mengganggu keamanan dan perekonomian provinsi setempat, karhutla juga dapat berdampak pada negara tetangga.

"Kalau Karhutla terjadi tentunya banyak yang akan dirugikan seperti kesehatan masyarakat terganggu, roda perekonomian juga terganggu dan yang terparah adalah asap dari Karhutla juga sampai ke negara tetangga yakni Malaysia," kata Agustiar menegaskan.sinpo

Komentar: