Arus balik lebaran 2023

Menhub: Lonjakan Arus Balik Diprediksi Terjadi hingga 2 Mei 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 01 Mei 2023 | 10:20 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. (SinPo.id/Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. (SinPo.id/Kemenhub)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan lonjakan arus balik pemudik diprediksi masih akan berlangsung hingga 2 Mei 2023. Karena jumlah penumpang kereta api (KA) yang turun di Stasiun Pasar Senen masih dua kali lipat dari masa normal. 

Pasalnya, sejak tanggal 24 April hingga 30 April 2023, jumlah penumpang KA yang turun di Stasiun Pasar Senen terhitung mencapai 16.900 orang. Namun semua dapat terkendali, karena sudah dilakukan sejumlah langkah antisipasi, seperti penambahan jumlah petugas dan kursi di ruang tunggu. 

“Saya lihat juga petugas pelayanan dan pengamanan, penambahan fasilitas seperti ruang tunggu, serta area boarding telah disiapkan dengan baik,” kata Menhub, dikutip Senin 1 Mei 2023. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, serta Basarnas yang telah berjaga di Stasiun Pasar Senen untuk menjaga keamanan dan memenuhi kebutuhan pertolongan darurat kepada penumpang jika dibutuhkan,” imbuhnya. 

Kemudian ia juga menyampaikan terima kasih kepada penumpang KA yang sangat kooperatif. Ia juga berjanji ke depannya akan dilakukan sejumlah upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan membuat masyarakat semakin nyaman menggunakan kereta api, seperti penambahan tangga dan lift di stasiun. 

“Saya memohon kesabaran pengguna kereta api, karena kalau buru-buru membuat fasilitas rusak dan tentunya akan menjadi masalah bersama. Terima kasih kepada penumpang kereta api yang sangat kooperatif dan bersedia menggunakan kereta api,” tuturnya.sinpo

Komentar: