Komisi IX DPR: Sektor Tenaga Kerja Berperan Penting dalam Pemulihan Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Mei 2023 | 08:10 WIB
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh, menilai sektor ketenagakerjaan  tumbuh signifikan di masa pemerintahan Joko Widodo.
Menurutnya, hubungan industrial berjalan harmonis, dan para pengusaha memainkan peran positif untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan para pekerja.

"Saya melihat bahwa sektor Ketenagakerjaan di era pak Jokowi ini tumbuh baik, perannya begitu penting terutama dalam konteks pemulihan ekonomi," kata Ninik, dikutip Selasa 2 Mei 2023.

Jika melihat data PHK sejak 2020, kata dia, tercatat 386 ribu orang terkena PHK pada tahun itu. Namun, pada 2022, jumlah PHK turun drastis di angka 22.114 PHK.

"Ini satu bukti hubungan industrial berjalan baik," ujarnya.

Selain itu, kata Ninik, rata-rata upah minimun di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tercatat pada tahun 2020 rata-rata upah minimum adalah Rp. 2.455.662, sementara tahun ini mencapai Rp. 2.923.309. Bahkan program jaminan sosial bagi para pekerja atau buruh yang juga mengalami peningkatan.

"Teman-teman buruh yang aktif maupun tidak aktif dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan itu tahun ini mencapai 35 juta jiwa. Lalu perusahaan yang sudah meneken kontrak dengan BPJS juga bertambah, sekarang ini mencapai 735.295 perusahaan," katanya menambahkan.
sinpo

Komentar: