Kemlu: 100 WNI dari Sudan Sudah Tiba di Indonesia dengan Selamat Hari Ini

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Mei 2023 | 08:53 WIB
Pemerintah Indonesia memulangkan ratusan WNI dari Sudan. (SinPo.id/Kemlu)
Pemerintah Indonesia memulangkan ratusan WNI dari Sudan. (SinPo.id/Kemlu)

SinPo.id - Proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan tahap III dan tahap IV telah selesai dilaksanakan. Hari ini sebanyak 100 WNI telah tiba di tanah air dengan selamat menggunakan Pesawat Garuda Indonesia. 

Dengan kepulangan tahap IV tersebut, maka total WNI yang telah kembali ke Indonesia berjumlah 929 orang. Sebagian besar dari mereka dievakuasi via Jeddah, 13 orang via Mesir dan enam orang via Persatuan Emirat Arab.

Namun mereka akan terlebih dahulu menginap di Asrama Haji Pondok Gede, untuk penanganan lebih lanjut oleh Kementerian atau Lembaga terkait, sebelum dipulangkan ke daerah asalnya. 

"Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kementerian atau Lembaga terkait yang telah mendukung upaya evakuasi serta penanganan WNI evacuee di dalam negeri," kata Kemlu melalui pernyataan tertulis pada Selasa 2 Mei 2023.

Seperti diketahui, pada tahap I pemerintah berhasil memulangkan 385 WNI pada 28 April, tahap II sebanyak 363 WNI pada 30 April, tahap III sebanyak 75 orang pada 1 Mei menggunakan pesawat TNI AU, dan hari ini 100 orang. Sementara itu, enam WNI lainnya mengatur kepulangannya secara mandiri.

Proses evakuasi tersebut mulai berlangsung setelah KBRI Khartoum menetapkan status Siaga I pada 20 April 2023, lantaran bentrokan yang terjadi antara Sudan Armed Forces dan Rapid Support Forces, telah mengancam situasi keamanan di Sudan.sinpo

Komentar: