SOSIALISASI PEMILU

MPR Minta KPU Gencarkan Sosialisasi Pemilu bagi Pemilih Pemula

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 02 Mei 2023 | 21:14 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Ashar)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI diminta menggencarkan kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula yang akan menggunakan haknya dalam Pemilu 2024. KPU harus memberikan perhatian khusus terhadap pemuda tentang pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Oleh karenanya, KPU perlu kembali menggencarkan program sosialisasi KPU Goes To School bekerja sama dengan beberapa sekolah tingkat menengah," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, 2 Mei 2023.

Bamsoet meyakini program KPU Goes To School memberi kesempatan bagi penyelenggara pemilu untuk bertemu langsung dengan pemilih pemula maupun calon pemilih pemula. Program itu bahkan sebagai strategi komunikasi yang ideal mengenai isu-isu demokrasi.

"Sehingga, diharapkan dengan upaya tersebut mampu meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu nantinya," kata Bamsoet.

KPU Goes To School merupakan program sosialisasi sadar memilih yang dijalankan KPU bagi siswa-siswi tingkat sekolah menengah atas atau sederajat.

KPU Goes To School antara lain menyampaikan pemahaman kepada siswa-siswi pemilih pemula maupun calon pemilih pemula tentang proses pemilu serta siapa saja yang berhak menjadi peserta atau pemilik hak pilih.

KPU sebelumnya telah memproyeksi pemilih muda berusia di bawah 40 tahun dengan jumlah sekira 107-108 juta atau 53-55 persen dari total pemilih di Indonesia akan mendominasi Pemilu 2024.

KPU juga menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2024 sebanyak 205.853.518 orang pada 18 April 2023.sinpo

Komentar: