PERDAMAIAN PALESTINA

Ketua MPR Dorong Pemerintah Terus Mengupayakan Perdamaian Palestina

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 18 April 2024 | 21:11 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (SinPo.id/Dok. MPR RI)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (SinPo.id/Dok. MPR RI)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah terus mengupayakan penyelesaian dan perdamaian Palestina secara adil. Upaya itu bisa dilakukan melalui solusi dua negara atau two state solution.

Ini disampaikan Bamsoet menanggapi pertemuan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Tiongkok dengan Kemenlu Indonesia pada hari ini dalam rangka membahas situasi di Timur Tengah.

"Mendorong pemerintah terus mengupayakan penyelesaian dan perdamaian Palestina secara adil melalui two state solution mengingat stabilitas di Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa penyelesaian isu Palestina secara menyeluruh," kata Bamsoet dalam keterangannya, Jakarta, Kamis, 18 April 2024 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menlu Tiongkok Wang Yi di Istana Kepresidenan, Jakarta, mengatakan dua tokoh tersebut menegaskan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina melalui solusi dua negara.

"Kedua belah pihak juga sepakat bahwa isu Palestina harus diselesaikan secara adil melalui two state solution, jika kita ingin melihat stabilitas di Timur Tengah," kata Retno.

Selain itu, Bamsoet mendorong pemerintah menyampaikan sikap Indonesia terhadap konflik yang terjadi di Timur Tengah di forum internasional.

"Menyampaikan bahwa Indonesia turut serta dalam pencapaian perdamaian di seluruh dunia dan menghormati hak kemerdekaan suatu bangsa guna mewujudkan kawasan yang stabil dan damai, terutama di kawasan Timur Tengah," kata dia.

Di meminta pula agar pemerintah melakukan pertemuan dan pembicaraan, baik secara bilateral dan multilateral, dengan negara-negara sahabat.

"Untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi krisis ekonomi global sebagai akibat dari kondisi yang tengah saat ini di Timur Tengah," ujarnya.

Terakhir, Bamsoet menegaskan kembali bahwa Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina sesuai dengan politik luar negeri yang dianut Indonesia, termasuk mendukung keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dia juga mendesak seluruh anggota Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi konflik di Jalur Gaza dan mengimbau negara-negara ASEAN untuk ikut menurunkan tensi konflik di Timur Tengah serta tetap menyerukan gencatan senjata di Gaza, Palestina.sinpo

Komentar: