Transportasi udara

Keterlambatan Penerbangan di Jalur Sumatera, Lion Air: Akibat Perawatan Tambahan dan Cuaca Tak Terduga

Laporan: Sinpo
Rabu, 03 Mei 2023 | 13:12 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Maskapai Lion Air menyampaikan permintaan maaf kepada penumpang atas keterlambatan keberangkatan dua penerbangan masing-masing pesawat Nomor penerbangan JT-973 dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam tujuan Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara  dan pesawat Nomor penerbangan JT-247  tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam pernyataannya  Lion Air menyebut keterlambatan  terjadi akibat  pengerjaan perawatan tambahan pada pesawat. “Keputusan perawatan tambahan terhadap pesawat secara tidak berjadwal diambil ketika terdapat pemeriksaan atau pesawat mengalami kendala teknis,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Rabu 3 Mei 2023

Menurut Danang, perawatan tambahan pesawat terjadi di Pangkalpinang dan Jakarta yang memerlukan waktu lebih lama dan membutuhkan waktu tambahan atau tak bisa cepat dan instan. Alasannya  Lion Air harus memastikan bahwa perawatan pesawat dijalankan secara cermat dan tepat waktu.

Selain itu Danang juga menyebut keterlambatan pergerakan pesawat terjadi di Tanjung Pandan (TJQ) akibat faktor cuaca yang menyebabkan jarak pandang pendek. “Akibatnya, penerbangan dari Pangkalpinang ke Tanjung Pandan harus kembali ke bandar udara asalnya di Pangkalpinang. Keterlambatan rotasi pesawat ini berdampak pada jadwal penerbangan berikutnya,” kata Danang menjelaskan.

Menurut Danang, gangguan pada  rute Pangkalpinang  - Tanjung Pandan – Pangkalpinang – Palembang – Batam. Hal serupa terjadi pada rute Kualanamu - Banda Aceh.

Sedangkan keputusan pilot kembali ke bandar udara asal rute dimaksud merupakan langkah yang tepat mengingat faktor kecepatan angin di Banda Aceh yang mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan penerbangan.

“Meski kondisi tersebut mengakibatkan keterlambatan keberangkatan dan kedatangan pesawat pada rute-rute selanjutnya, yaitu Kualanamu - Banda Aceh – Kualanamu – Batam – Kualanamu,” kata Danang menambahkan.

Tercatat Lion Air telah memberangkatkan (mengudara) penerbangan nomor JT-973 pukul 21.34 WIB dan penerbangan nomor JT-247 pukul 22.30 WIB di hari yang sama (02/ 05).  Lion Air mengambil tindakan yang diperlukan guna memastikan agar kendala keterlambatan penerbangan dapat diminimalisir pada operasional berikutnya.

 sinpo

Komentar: