Harga Sejumlah Komoditas Produk Pertambangan Naik di April 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 03 Mei 2023 | 14:34 WIB
Gedung Kementerian Perdagangan. (SinPo.id/Setkab)
Gedung Kementerian Perdagangan. (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Budi Santoso, mengatakan pada April 2023, sebagian komoditas produk pertambangan mengalami kenaikan harga dibanding bulan Maret 2023. Namun harga beberapa komoditas lainnya menunjukkan penurunan. 

Menurutnya, fluktuasi harga yang didorong variasi tren permintaan terhadap komoditas produk pertambangan pada April 2023, dapat mempengaruhi penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan Bea Keluar (BK) untuk priode Mei 2023. Ketentuan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 936 Tahun 2023. 

"Adapun komoditas yang mengalami peningkatan harga tersebut, yakni konsentrat tembaga, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil," kata Budi, dikutip Rabu 3 Mei 2023. 

"Kemudian untuk konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat seng, konsentrat pasir besi, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian mengalami penurunan harga dibandingkan periode sebelumnya. Sedangkan pellet konsentrat pasir besi masih dengan harga tetap, tidak mengalami perubahan," imbuhnya. 

Selain itu, kata Budi, penetapan HPE produk pertambangan periode Mei 2023, dilakukan dengan terlebih dahulu meminta masukan dan usulan tertulis dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selaku intansi teknis terkait. Lalu nantinya diberikan usulan melalui perhitungan yang didasarkan pada data harga dari Asian Metal, Iron Ore Fine Australian, dan London Metal Exchange (LME). 

"HPE kemudian ditetapkan setelah rapat koordinasi yang melibatkan instansi terkait, yakni Kemendag, Kementerian ESDM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Perindustrian," paparnya.sinpo

Komentar: