Sinergi TNI-Polri

Kapolri Instruksikan Jajaran Pertahankan-Perkuat Sinergi dengan TNI

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 04 Mei 2023 | 08:51 WIB
KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, serta KSAL Laksamana Muhammad Ali. (SinPo.id/Polri)
KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, serta KSAL Laksamana Muhammad Ali. (SinPo.id/Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk terus mempertahankan dan memperkuat sinergi serta soliditas antara TNI-Polri. 

Instruksi tersebut ditegaskan Kapolri saat memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Polri melalui Video Conference (Vicon) di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu, 3 Mei 2023. 

Sigit pun mengutip pernyataan Presiden Indonesia Joko Widodo. Sinergi dan soliditas TNI-Polri adalah kunci dan jaminan untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan politik yang aman serta kondusif. 

"Ini saya kutip apa yang menjadi penyampaian Bapak Presiden. Kalau Polri solid, bergandengan tangan dengan TNI, maka jaminan terhadap stabilitas keamanan, stabilitas politik pasti akan baik. Tapi kalau terjadi sebaliknya, tentunya juga masyarakat akan merasakan hal yang sebaliknya, yaitu keresahan atau kekhawatiran," kata Sigit. 

Oleh karenanya, Sigit menegaskan, seluruh jajaran TNI dan Polri mulai dari level atas, menengah hingga bawah untuk tidak terganggu dengan segala bentuk provokasi dari pihak-pihak yang mencoba merusak sinergisitas dan soliditas TNI-Polri yang selama ini telah terbangun dengan baik. 

Apalagi, kata Sigit, saat ini sudah mulai memasuki momentum Pemilu serentak tahun 2024. Sinergi dan soliditas TNI-Polri adalah harga mati untuk menciptakan iklim demokrasi yang aman dan damai di Indonesia. 

"Oleh karena itu, terkait dengan peristiwa yang ada, segera kita perbaiki. Sehingga mendekati tahun politik, soliditas dan sinergisitas TNI-Polri, betul-betul bisa terjaga," tuturnya.

Demi semakin menguatkan sinergi, Sigit menyatakan bahwa, personel TNI-Polri harus meningkatkan kegiatan secara bersama-sama, yang selama ini telah berjalan dengan baik, seperti saat apel bersama, patroli bersama, hingga turun ke lapangan untuk menyerap aspirasi masyarakat dan kegiatan positif bersama lainnya. 

"Ini harus terus ditingkatkan. Sehingga kemudian upaya untuk membenturkan TNI-Polri ini, bisa kita jawab dengan meningkatkan kegiatan bersama, meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat sinergi dan soliditas," ucap Sigit.

"Jadi tolong ini betul-betul kita jaga," imbuhnya.

Sigit memastikan, dirinya bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan seluruh Kepala Staf TNI telah sama-sama berkomitmen untuk mempertahankan serta memperkuat sinergi dan soliditas TNI-Polri.sinpo

Komentar: