penembakan di kantor mui

Polisi: Pelaku Penembakan Kantor MUI Tidak Dikategorikan Lone Wolf

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 05 Mei 2023 | 11:31 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Winsu Andiko. (SinPo.id/Dok. Polri)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Winsu Andiko. (SinPo.id/Dok. Polri)

SinPo.id - Polisi menyatakan bahwa pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak masuk dalam ketegori lone wolf atau mereka yang melakukan aksi terorisme seorang diri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut hal itu didasari hasil dari penyelidikan yang dilakukan Detasemen Khusus (Densus) 88.

"Terduga pelaku ini kami sampaikan tidak dikategorikan lone wolf atau istilah yang sering digunakan dalam dunia teroris," ujar Trunoyudo pada Kamis, 4 Mei 2023.

Menurut dia, tim gabungan Polda Metro Jaya bersama Polres Jakarta Pusat masih menyelidiki dengan tetap berada di Lampung.

"Kami sampaikan progres penyidikan ini masih berkelanjutan, sustainable. Beberapa penyidik kami masih di lapangan (Lampung)," tuturnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk mengetahui latar belakang dari pelaku M. Pasalnya, pelaku penembakan di kantor MUI itu diketahui memiliki KTP Lampung.

"Ini semua belum kita dapatkan profil yang bersangkutan kami akan koordinasi dengan Polda Lampung karena yang bersangkutan ber-KTP. Dari TKP ditemukan KTP berdomisili Lampung," ujar Karyoto kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa, 2 April 2023.sinpo

Komentar: