Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,03 Persen

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 06 Mei 2023 | 02:41 WIB
pertumbuhan ekonomi (Pixabay)
pertumbuhan ekonomi (Pixabay)

SinPo.id -  Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Edy Mahmud  mengatakan perekonomian Indonesia masih stabil. Pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun ini mencapai 5,03 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022. 

"Ini menunjukkan perekonomian Indonesia yang masih stabil. Kalau diperhatikan, dari kuartal IV-2021 pertumbuhan terus di atas lima persen," kata Edy pada Jumat 5 Mei 2023. 

Dia menjelaskan trend pertumbuhan ekonomi di angka 5 persen menunjukan perekonomian Indonesia dalam kondisi stabil. Sejak kuartal empat tahun 2021, Indonesia mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi 5 persen. Adapun
Produk Domestik Bruto (PDB) tercatat sebesar Rp 5.071,7 triliun.

Capaian ini mampu dikantongi negara di tengah penurunan harga komoditas, tantangan geopolitik hingga ancaman krisis ekonomi global. Lima sektor utama yang mendukung pertumbuhan ekonomi di tahun ini antara lain sektor industri, perdagangan, pertambangan, konstruksi dan pertanian.

Pertumbuhan ekonomi tahun ini juga didukung dari peningkatkan kinerja perdagangan internasional. Perdagangan Indonesia dengan China tumbuh 4,5 persen. Sedangkan dengan Uni Eropa tumbuh 1,3 persen, dan dengan Amerika tumbuh 1,6 persen.sinpo

Komentar: