NORMALISASI KALI CILIWUNG

Penuhi Target Jokowi, Pemprov DKI Kebut Pembebasan Lahan Normalisasi Kali Ciliwung

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 09 Mei 2023 | 17:11 WIB
Presiden Jokowi saat tinjau sodetan Ciliwung (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Jokowi saat tinjau sodetan Ciliwung (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mempercepat proses pembebasan lahan proyek normalisasi Kali Ciliwung. Hal itu untuk memenuhi target yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penangulangan banjir di Jakarta.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan percepatan juga dilakukan melihat kondisi sekitar kawasan pembebasan lahan Kali Ciliwung yang memprihatinkan. 

"Ya harus iya (mengejar target dari Presiden Jokowi), kasihan kan warga di situ ya. Katanya dua jam hujan aja banjir, kasihan," kata Heru kepada wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menegaskan, sesegera mungkin akan menyelesaikan proyek pembebasan lahan Kali Ciliwung. Hal tersebut, guna mencegah terjadinya banjir yang kerap melanda kawasan sekitar. 

"Yang di pas tikungan itu saya minta sih, ya nanti gak target ditagih, secepat-cepatnya deh, tadi saya udah minta," ujarnya.

Lebih jauh Heru juga akan memanggil Wali Kota Jakarta Selatan dan seluruh Lurah setempat untuk membantu. Sehingga, keluhan warga dalam proses pembebasan lahan dapat segera terselesaikan.

"Ada beberapa hal yang memang harus dipercepat, administrasi saya minta lurah-lurah mempercepat, memback-up kalau warga ingin meminta surat keterangan hilang. Yang penting untuk mempercepat, untuk masyarakat dibantu supaya administrasi itu sudah berada di BPN, kan semuanya punya hak BPN," tandasnya.

Sebelumnya, Heru juga meninjau perkembangan proyek normalisasi Kali Ciliwung untuk wilayah Rawajati, Jakarta Selatan. Dalam tinjauannya, Heru menemukan beberapa kendala dalam proses normalisasi Kali Ciliwung, di antaranya masalah sertifikat tanah yang hilang, hingga luas tanah berbeda dengan di surat PBB.sinpo

Komentar: