SERANGAN ISRAEL KE PALESTINA

Seorang Komandan Jihad Islam Tewas dalam Serangan Israel ke Jalur Gaza

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 12 Mei 2023 | 22:14 WIB
Serangan Israel ke Gaza (SinPo.id/ Reuters)
Serangan Israel ke Gaza (SinPo.id/ Reuters)

SinPo.id - Seorang komandan senior gerakan Jihad Islam di Jalur Gaza tewas pada Kamis dalam serangan udara tentara Israel. Dalam sebuah pernyataan, militer Israel mengatakan Ahmed Abu-Deka, wakil komandan pasukan satuan roket Jihad Islam, menjadi sasaran serangan pesawat tempur Israel.

"Dia secara langsung bertanggung jawab atas rentetan roket yang ditembakkan ke arah warga sipil Israel dalam beberapa hari terakhir," kata pihak militer Israel dikutip dari Anadolu, Jumat, 12 Mei 2023.

Kelompok Jihad Islam mengkonfirmasi pembunuhannya dalam sebuah pernyataan, dan mengatakan Abu-Deka, yang merupakan salah satu pemimpin Brigade al-Quds, sayap bersenjata kelompok itu, gugur dalam pembunuhan "pengecut" yang dilakukan oleh Israel di selatan Jalur Gaza.

Kementerian Kesehatan Palestina dalam pernyataan terpisah mengumumkan bahwa tiga warga Palestina tewas dan enam lainnya cedera dalam serangan udara baru dari Israel. Dengan adanya korban terbaru, jumlah korban tewas akibat serangan udara Israel di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 28 orang.

Israel telah membunuh lima tokoh senior kelompok Jihad Islam, termasuk Abu-Deka, dalam serangannya di Gaza dalam tiga hari terakhir.

Baru-baru ini, layanan medis darurat nasional Israel Magen David Adom mengumumkan bahwa satu orang tewas dan lima lainnya terluka ketika sebuah roket yang ditembakkan dari Gaza menghantam sebuah bangunan tempat tinggal di kota Rehovot di Israel tengah.

Tentara Israel mengatakan serangan udara itu adalah bagian dari Operasi Perisai dan Panah, serangan yang diluncurkan setelah roket ditembakkan dari Gaza menyusul kematian seorang narapidana Palestina yang melakukan mogok makan di sebuah penjara Israel.

Faksi Palestina itu juga menembakkan rentetan roket ke Israel pada hari Rabu. Menurut otoritas Palestina, setidaknya 130 warga Palestina telah dibunuh oleh pasukan Israel sejak awal tahun ini.
 sinpo

Komentar: