PILPRES 2024

PBB akan ke Koalisi Gerindra-PKB, Pengamat: Banyak Partai Menaruh Harapan ke Prabowo

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 14 Mei 2023 | 14:59 WIB
Momen hangat saat Prabowo bertemu dengan Yusril Ihza Mahendra (SinPo.id/ Ashar)
Momen hangat saat Prabowo bertemu dengan Yusril Ihza Mahendra (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Dalam beberapa minggu terakhir sejumlah partai kian menunjukkan kecenderungan dari pilihan politik mereka untuk turut bergabung dalam poros koalisi Partai Gerindra dan PKB. Setelah Golkar terlibat komunikasi politik intensif dengan Gerindra dan PKB kini Partai Bulan Bintang juga menunjukkan sikap politik berupa keinginan untuk dapat bergabung dalam koalisi mendukung Prabowo Subianto.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menyebut, kecenderungan sikap dari partai partai itu jelas mengirimkan pesan betapa mereka menaruh harapan dapat bersama dalam satu koalisi dengan Partai Gerindra dalam Pemilu 2024. Hal itu juga menyiratkan partai tersebut untuk mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Berkaca menurut hasil survei Indikator sepanjang tahun lalu dan juga di tahun ini, Prabowo Subianto selalu masuk dalam tiga besar bakal calon presiden dengan elektabilitas dua digit. Selain juga ada nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," kata Bawono dalam keterangannya, Minggu, 14 Mei 2023.

Bawono menjelaskan, temuan survei dari Indikator Politik Indonesia selama beberapa bulan terakhir menunjukkan tren positif elektabilitas dari ketua umum Partai Gerindra tersebut. Tak dapat disangkal sosok Prabowo Subianto saat ini tengah memperoleh atensi luas dr publik dan juga elite politik dalam beberapa bulan terakhir ini sebagai bakal capres memiliki peluang untuk terpilih di pemilu 2024 mendatang.

Bahkan temuan survei nasional dari Indikator Politik Indonesia periode bulan April ini apabila dibandingkan dengan temuan survei nasional pada bulan Maret lalu, menunjukkan tingkat elektabilitas dari Ganjar Pranowo mengalami kemerosotan cukup tajam. Kemudian elektabilitas anies baswedan memiliki kecenderungan stagnan.

"Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalami tren peningkatan," ucap dia.

Diketahui, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra dan Prabowo Subianto cukup intens mengadakan pertemuan. Menurutnya, dalam waktu dekat PBB kemungkinan akan mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo untuk maju sebagai capres 2024.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi PBB akan segera deklarasikan dukungannya terhadap Pak Prabowo," kata Muzani di kantor KPU RI, Sabtu, 13 Mei 2023.sinpo

Komentar: