DPR Dukung Husein Ali Sang Pelapor Pungli Pelatihan CPNS

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 14 Mei 2023 | 18:33 WIB
Abdul Fikri Faqih (Sinpo.id/PKS)
Abdul Fikri Faqih (Sinpo.id/PKS)

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, mendukung sikap berani guru di Kabupaten Pangandaran bernama Husein Ali Rafsanjani (HAR), yang melaporkan dugaan pungutan liar saat pelatihan dasar CPNS 2020.

Menurutnya, sikap berani tersebut harus jadi karakteristik bagi seluruh ASN di Indonesia. Karena meskipun masih tergolong ASN baru, dan mendapatkan ancaman, serta intimidasi, Husein tetap berani bersikap jujur.

"Bagi dunia pendidikan, contoh kasus ini bisa jadi bahan untuk penguatan pendidikan karakter kita," kata Abdul Fikri, Minggu 14 Mei 2023.

Ia juga mempertanyakan alasan pelaku tega memberatkan CPNS dengan menarik iuran. Terlebih HAR juga dipersekusi saat diminta menghadap BKPSDM Pangandaran, bahkan diteror oknum-oknum dari BKPSDM karena telah melaporkan pemungutan liar tersebut.

Seperti diketahui, usai peristiwa tersebut viral di dunia maya, Husein mendapat kesempatan untuk mengadukan kasus itu langsung kepada Gubernur Jawa Barat, dan setelah melakukan pertemuan dengan Bupati Pangandaran, Husein diputuskan untuk tetap menjadi guru ASN.sinpo

Komentar: