LRT Jabodetabek Lakukan Uji Coba Penuh Hari Ini

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 15 Mei 2023 | 11:11 WIB
LRT Jabodetabek /SinPo.id
LRT Jabodetabek /SinPo.id

SinPo.id - Moda transportasi Lintas Raya Terpadu (LRT) dipastikan siap beroperasi mulai Juli 2023. Kesiapan LRT Jabodebek layani masyarakat hingga kini sudah mencapai 93 persen.

Dalam upaya mencapai persiapan optimal hingga 100 persen, LRT Jabodebek akan mulai melaksanakan masa uji coba dengan operasional penuh tanpa penumpang mulai hari ini, 15 Mei 2023.

"Kami launching tanggal 12 Juli sementara belum berbayar (non komersial). Baru nanti setelah tanggal 17 Agustus 2023 kami akan launching bareng dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan mulai berbayar," kata Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI, Mochamad Purnomosidi dalam keteranganya, dikutip Senin, 15 Mei 2023.

Purnomo menjelaskan dalam masa uji coba, LRT Jabodebek akan beroperasi sesuai dengan rute operasional normal. Pihaknya juga telah kerja sama dengan Rumah Sakit, Basarnas, Polri, dan TNI untuk melakukan antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

LRT Jabodebek memiliki dua jalur yakni Green Line dan Blue Line. Jalur Green Line melayani relasi tujuan Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Setiabudi, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Kuningan, Stasiun Pancoran, Stasiun Cikoko, Stasiun Ciliwung, Stasiun Cawang, Stasiun Halim, Stasiun Jatibening Baru, Stasiun Cikunir I, Stasiun Cikunir II, Stasiun Bekasi Barat, dan Stasiun Jatimulya.

Sementara jalur Blue Line melayani relasi tujuan Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Setiabudi, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Kuningan, Stasiun Pancoran, Stasiun Cikoko, Stasiun Ciliwung, Stasiun Cawang, Stasiun TMII, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Ciracas, dan Stasiun Harjamukti.

"Di atas stasiun kami, di bawahnya halte TransJakarta," ujarnya.

Sementara itu, tarif yang dipatok berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu untuk satu kali perjalanan. Namun tarif tersebut masih dalam pengkajian dan menanti putusan Kementerian Perhubungan.

Sedangkan jam operasional LRT Jabodebek hingga Desember 2023 ditargetkan setiap harinya akan dimulai pukul 05:30 sampai 23:15 WIB. 

"LRT Jabodebek menawarkan kecepatan durasi tempuh dan moda transporasi dengan teknologi baru untuk mobilitas masyarakat," tandasnya.sinpo

Komentar: