Puluhan Orang Unjuk Rasa di Paris, Tuntut Pembebasan Dua Warga Prancis yang Ditahan Iran

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 15 Mei 2023 | 12:05 WIB
Puluhan orang berunjuk rasa di Paris untuk menuntut pembebasan dua warga negara Prancis yang ditahan di Iran. (SinPo.id/AFP)
Puluhan orang berunjuk rasa di Paris untuk menuntut pembebasan dua warga negara Prancis yang ditahan di Iran. (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Puluhan orang berunjuk rasa di Paris untuk menuntut pembebasan dua warga negara Prancis yang ditahan di Iran pada 2022 lalu, atas tuduhan spionase. Namun tuduhan tersebut disangkal oleh keluarga.

"Kebebasan untuk Cecile Kohler dan Jacques Paris," teriak mereka di kaki Menara Eiffel, dilansir dari VoA, Senin 15 Mei 2023.

Kerabat dan teman mereka berkumpul di Paris setelah Iran membebaskan warga negara Prancis Benjamin Briere dan warga negara Irlandia Bernard Phelan, dari penjara di kota Mashhad di timur laut Iran pada pada Jumat, 12 Mei 2023.

"Itu memberi kami harapan," kata saudara perempuan Kohler, Noemie.

Kohler dan Paris termasuk di antara empat warga negara Prancis, yang sebelumnya digambarkan sebagai "sandera" oleh kementerian luar negeri Prancis, yang hingga kini masih dipenjara bersama dengan beberapa orang Prancis lainnya.

Menanggapi penahanan itu, para juru kampanye memandang mereka sebagai sandera yang ditahan dalam strategi yang disengaja oleh Teheran untuk mendapatkan konsesi dari Barat.sinpo

Komentar: