Komisi VIII DPR Rapat dengan Menag Bahas Penambahan Kuota Haji

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 17 Mei 2023 | 12:45 WIB
Ashabul Kahfi (Sinpo.id/DPR)
Ashabul Kahfi (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Komisi VIII DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Rapat untuk membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji, khususnya kuota tambahan ibadah haji 1444 H/2023.

"Dalam rapat ini ada dua poin penting yang perlu kita bahas. Pertama, persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444H/2023M. Kedua, pembahasan kuota tambahan tahun 1444H/2023," kata Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi saat memimpin rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 17 Mei 2023.

Rapat diawali dengan pemaparan dari Menag Yaqut. Setelah pemaparan, rapat kemudian dilanjutka dengan sesi tanya jawab bersama dengan anggota Komisi VIII DPR.

Sebelumnya, Menag Yaqut mengungkap Indonesia mendapat tambahan 8.000 kuota haji. Penambahan ini, sudah masuk dalam sistem e-Hajj, aplikasi pemvisaan Arab Saudi.

Yaqut mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) saat ini masih menunggu surat resmi dari Arab Saudi perihal penambahan kuota tersebut. Dia akan membahas hal ini dengan DPR, serta terus berkoordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

"Kementerian Agama akan berkomunikasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, untuk merespons tambahan kuota ini," katanya.sinpo

Komentar: