PILPRES 2024

Cak Imin Sebut PKB, Gerindra, dan Golkar Bakal Membentuk Koalisi Baru

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 17 Mei 2023 | 19:04 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Dok. PKB)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Dok. PKB)

SinPo.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersama Partai Golkar dan Partai Gerindra akan satu barisan dalam menghadapi Pemilu 2024. Ketiga partai politik (parpol) ini disebut sepakat membentuk koalisi baru untuk pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Ya koalisi baru, kalau sudah tiga gabung berarti baru. Ya kalau tiga gabung kan baru," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usai menyambangi kediaman Wakil Presiden ke-11 RI Boediono di Menteng, Jakarta, Rabu, 17 Mei 2023.

Cak Imin yakin dengan menyatunya ketiga parpol ini maka akan tercipta koalisi yang semakin kuat. "Ya, pokoknya menyatu, otomatis koalisi menjadi semakin kuat," ucap Cak Imin.

Selain ketiga partai itu, kata Cak Imin, akan ada partai politik (parpol) non Parlemen yang bergabung bersama koalisi baru tersebut. Cak Imin memastikan komunikasinya dengan parpol non Parlemen itu berjalan intensif.

"Sama partai non Parlemen ya. Itu mulai intensif," ujar dia.

Namun, Cak Imin tak membeberkan partai non Parlemen yang dimaksud. Dia hanya memberi kode bahwa partai itu identik dengan warna merah.

"Warnanya merah. Merah 'kan PDIP berarti," ujarnya berseloroh.

Sejauh ini, PKB dan Gerindra sudah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Di sisi lain, Golkar bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bermitra dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Golkar dan PKB sepakat membangun koalisi inti sebagai bentuk tindak lanjut dari wacana pembentukan koalisi besar.

 sinpo

Komentar: