LEBARAN BETAWI

Tiga Tahun Absen, Lebaran Betawi 2023 akan Digelar di Kawasan Monas

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 17 Mei 2023 | 20:08 WIB
Poster Lebaran Betawi (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)
Poster Lebaran Betawi (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)

SinPo.id - Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) akan menggelar Lebaran Betawi 1444 Hijriyah di kawasan Selatan Monas, Jakarta Pusat pada tanggal 20-21 Mei 2023.

Wakil Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi, Riano P Ahmad mengatakan, Lebaran Betawi merupakan satu kegiatan kearifan lokal dari masyarakat Betawi dalam rangka perayaan Idul Fitri.

"Lebaran Betawi rutin digelar setiap tahun dan tempat penyelenggaraan berkeliling," kata Riano P Ahmad dalam keterangannya, Rabu 17 Mei 2023.

Riano memaparkan, berbagai pentas seni budaya Betawi akan ditampilkan dalam acara Lebaran Betawi 2023 di kawasan Selatan Monas tersebut. Di antaranya, prosesi hantaran Lebaran dari Wali Kota kepada Pj Gubernur, pertunjukan lenong dan sebagainya.

"Lebaran Betawi terakhir digelar tahun 2019 dan sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Alhamdulilah, tahun 2023 kita bisa menggelar kembali kegiatan tradisi warga Betawi," ujarnya.

Selain itu, Lebaran Betawi 2023 juga akan dimeriahkan dengan berbagai pentas kesenian dan kuliner khas Betawi.

Untuk itu, Riano mengajak warga Betawi dan masyarakat, khususnya di Jabodetabek untuk datang memeriahkan Lebaran Betawi 2023 di kawasan Selatan Monas.

“Mari kita meriahkan dan sukseskan Lebaran Betawi, tradisi kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Betawi," tandasnya.

 sinpo

Komentar: