Korban Tewas dari Pasukan Rusia di Ukraina Terus Meningkat

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 18 Mei 2023 | 11:46 WIB
Tentara Rusia yang ditawan (Sinpo.id/Reuters)
Tentara Rusia yang ditawan (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Korban tewas dari pasukan Rusia di Ukraina terus meningkat dengan sekitar 200.590 pasukan tempur dilaporkan dilikuidasi pada hari Rabu, 17 Mei 2023 oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina. Namun jumlah tersebut belum dapat diverifikasi.

Para pejabat pertahanan Barat relatif bungkam mengenai angka pasti kerugian di medan perang. Tetapi Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley, dan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace, mengatakan lebih dari 200 ribu pasukan Rusia telah tewas di medan perang.

Ukraina pada hari Rabu juga mengklaim telah menghancurkan lebih dari 3.700 tank, 7.300 kendaraan personel lapis baja, 2.700 drone, 3.100 sistem artileri dan hampir 1.000 rudal jelajah, serta 300 helikopter.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti berapa banyak kematian yang dialami Ukraina, selama lebih dari satu tahun berperang. Namun para pejabat Barat sebelumnya memperkirakan tingkat korban Kyiv setara dengan Rusia.

"Mereka tidak ingin penduduk dapat mengamati persiapan mereka untuk pertempuran," kata perwakilan dari Intelijen Pertahanan Ukraina, Andrii Cherniak, kepada RBK-Ukraina menurut laporan yang diposting oleh kementerian pertahanan Ukraina.

"Rusia takut akan beberapa gerakan partisan dan perlawanan internal di wilayah ini," imbuhnya.sinpo

Komentar: