Empat Anak Ditemukan Selamat di Hutan Amazon Setelah Alami Kecelakaan Pesawat

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 18 Mei 2023 | 12:21 WIB
Kondisi pesawat yang jatuh di Hutan Amazon (Sinpo.id/Colombian Mikitary Forces)
Kondisi pesawat yang jatuh di Hutan Amazon (Sinpo.id/Colombian Mikitary Forces)

SinPo.id -  Empat anak yang berasal dari masyarakat adat di Kolombia ditemukan dalam kondisi hidul di bagian selatan negara itu lebih dari dua minggu setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di hutan lebat.

Presiden Kolombia, Gustavo Petro, mengatakan Anak-anak itu diselamatkan oleh anggota militer, petugas pemadam kebakaran, dan pejabat otoritas penerbangan sipil di hutan lebat provinsi Caqueta, Kolombia.

"Setelah pencarian yang sulit oleh militer kami, kami menemukan mereka dalam keadaan hidup empat anak yang hilang setelah kecelakaan pesawat di Guaviare. Ini adalah kegembiraan bagi negara," kata Petro dalam pesan melalui Twitter, dilansir daei Reuters, Kamis 18 Mei 2023.

Seperti diketahui, Pesawat Cessna 206 yang jatuh tersebut membawa tujuh orang dalam rute antara Araracuara, di provinsi Amazonas, dan San Jose del Guaviare, sebuah kota di provinsi Guaviare, ketika mengeluarkan peringatan mayday karena kerusakan mesin, pada dini hari tanggal 1 Mei.

Tiga orang dewasa, termasuk pilot, tewas akibat kecelakaan itu dan jenazah mereka ditemukan di dalam pesawat. Sementara empat anak berusia 13, 9, 4, serta bayi berusia 11 bulan, selamat dari kecelakaan.

Menurut otoritas penerbangan sipil, yang mengoordinasikan upaya penyelamatan, anak-anak tersebut melarikan diri dari pesawat dan pergi ke hutan hujan Amazon untuk mencari bantuan.

Kemudian, operasi penyelamat bersama dengan angkatan darat dan angkatan udara Kolombia, yang didukung juga oleh anjing pelacak, menemukan buah-buahan yang dibuang yang dimakan anak-anak untuk bertahan hidup, serta tempat berlindung yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan hutan. sinpo

Komentar: