Cak Imin Sebut Dana Desa Membangun Indonesia dari Pinggiran

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 19 Mei 2023 | 10:40 WIB
Muhaimin Iskandar (Sinpo.id/Tim Media)
Muhaimin Iskandar (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai dana desa membawa dampak positif bagi masyarakat. Apalagi, anggaran itu dialokasikan untuk membangun Indonesia dari pinggiran.


"Penggunaan dana desa telah membawa dampak yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia dan telah menjadi suatu capaian yang membanggakan," kata Cak Imin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023.

Menurut dia, sejak awal diluncurkan program itu menjadi salah satu tonggak kemandirian. Termasuk, pembangunan masyarakat.

"Tidak lagi menganggap desa sebagai daerah pinggiran, tetapi menjadikan desa sebagai beranda depan pembangunan," katanya.

Cak Imin menekankan jika desa terbukti mampu mengelola dana desa dengan baik. Khususnya dalam pembangunan desa, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

"Semuanya percaya bahwa desa mampu mengelola anggaran desa dengan baik," ujarnya.

Dia mencontohkan saat pandemi Covid-19, bantuan sosial turun dengan cepat dan tepat sasaran melalui dana desa. Itu membuktikan dana desa menjadi bantalan ekonomi yang kuat di tengah krisis yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

"Ini tidak lepas dari pengelolaan dan penyaluran yang baik dari seluruh kepala desa se-Indonesia,” kata Cak Imin.

Cak Imin juga meyakini pembangunan akan sukses jika dana desa tersalurkan pada tingkat yang paling ujung dari pembangunan, yaitu di desa.

"Semakin banyak dana desa yang dikucurkan, maka saya yakin kemakmuran akan semakin terwujud," ujar dia.

Dia berharap kepala desa seluruh Indonesia harus lebih canggih dalam melaksanakan anggaran. Sebab, para kepala desa yang akan menentukan sukses atau tidaknya pembangunan.sinpo

Komentar: