Ini Makna Logo HUT Ke-496 Kota Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 19 Mei 2023 | 10:44 WIB
Logo HUT Jakarta ke-496 (Sinpo.id/PPID DKI)
Logo HUT Jakarta ke-496 (Sinpo.id/PPID DKI)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengumumkan desain logo untuk merayakan HUT ke-496 Jakarta pada 22 Juni mendatang.

Tahun ini, perayaan hari jadi kota Jakarta mengambil tema “Jadi Karya untuk Nusantara”.

“Semarakkan hari raya Kota Jakarta dengan semangat bersinergi menyambut transisi dari Ibu Kota Negara menjadi kota global yang nyaman, aman, dan kondusif bagi seluruh warga!” tulis Pemprov DKI Jakarta dalam laman web resminya, dikutip Jumat 19 Mei 2023.

Tema tersebut merupakan pengembangan dari slogan 'Sukses Jakarta untuk Indonesia' yang bermakna kesiapan Jakarta untuk mengoptimalisasi seluruh sumber daya guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia.


Adapun unsur warna yang digunakan dalam logo tahun ini terdiri dari susunan warna biru muda, biru tua, hijau, kuning, dan merah.


Biru muda mewakili pertumbuhan Jakarta menjadi kota Global, biru tua mewakili komitmen Jakarta dalam memberikan rasa aman bagi warga, hijau mewakili harmoni, sinergi, dan integrasi masyarakat mencapai pembangunan berkelanjutan.

“Kuning mewakili optimisme dan harapan transformasi Jakarta dari IKN menjadi Kota Bisnis berskala global dan merah mewakili keberanian dan semangat Jakarta menghadapi berbagai tantangan baru di segala sektor,” demikian penjelasannya.


Berikut filosofi dari logo HUT Jakarta 2023 :


1. Angka 496 melambangkan usia Kota Jakarta di tahun 2023;

2. Bentuk Spiral merupakan pergerakan, pertumbuhan, dan transformasi kota menuju Kota Bisnis berskala Global;

3. Kembang Api menggambarkan semangat dalam merayakan pembangunan kota yang berkelanjutan;

4. Manusia berarti semangat sinergi seluruh warga menyambut pagelaran Internasional yang melibatkan Jakarta, seperti Keketuaan ASEAN hingga perpindahan Ibu Kota ke IKN Nusantara;

5. Atap Rumah berarti Jakarta yang siap menjadi rumah untuk melindungi seluruh warganya tanpa terkecuali.

sinpo

Komentar: