SURVEI DENNY JA

Alasan Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies di Survei Denny JA: Strong Leader dan Mampu Tumbuhkan Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Mei 2023 | 18:31 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, memaparkan empat alasan dari unggulnya Prabowo Subianto ketimbang Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam hasil survei. Alasan pertama adalah mayoritas responden ingin calon presiden (capres) yang strong leader dan mampu tumbuhkan ekonomi.

Pasalnya, pemimpin yang dapat menumbukan ekonomi nasional sangat diperlukan, karena dalam tiga tahun terakhir, Covid-19 telah memporak-porandakan perekonomian, dan membuat kondisi ekonomi masyarakat semakin sulit.

"Karena itu kebutuhan publik terhadap pemimpin yang strong leader untuk menumbuhkan ekonomi makin tinggi. Sekarang dari tiga capres itu siapa sosoknya? Dari data kita memang nama yang muncul adalah Prabowo Subianto," kata Adjie, Jumat 19 Mei 2023.

Alasan kedua adalah turunnya dukungan untuk Ganjar Pranowo secara tiba-tiba di bulan Mei. Sehingga limpahan suara tersebut berpindah kepada Prabowo, yang dinilai memiliki karakter yang lebih nasionalis dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

Kemudian alasan yang ketiga adalah karakter di pemerintahan. Sebelumnya di pemilihan presiden (pilpres) 2014 dan 2019, Prabowo dinilai memiliki gagasan yang kuat, meski lemah secara teknis. Namun setelah masuk ke pemerintahan Presiden Joko Widodo, Prabowo dapat membuktikan sosoknya yang berpengalaman.

"Keempat alasannya, Prabowo dilihat sebagai tokoh yang mampu diterima berbagai spektrum politik yang beragam. Tapi kalau kita petakan adalah Islam dan Nasionalis, dan saat ini Prabowo ada kecendrungan ke tengah. Sehingga sosoknya dinilai sebagai tokoh yang dapat diterima di berbagai kalangan spektrum berbeda," kata Adjie menambahkan.sinpo

Komentar: