PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

DPR Minta Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi dan Tekan Inflasi Tahun 2024

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Mei 2023 | 20:51 WIB
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara (SinPo.id/ Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara meminta pemerintah tetap menjaga pertumbuhan ekonomi, sekaligus meningkatkan upaya untuk menekan inflasi di tahun 2024 mendatang.

“Yang pertama kita memang harus tetap menjaga pertumbuhan dan inflasi. Bagaimanapun percuma juga kalau pertumbuhan tinggi tetapi inflasi juga tinggi. Itu yang pertama tentunya kita harus jaga,” kata Amir, Jumat 19 Mei 2023.

Menurutnya, infrastruktur masih memiliki porsi besar dalam RAPBN 2024, karena pembangunan infrastruktur dinilai mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Namun memasuki tahun politik, penting juga agar kondusifitas perekonomian tetap dijaga.

Pemerintah melakui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga telah mengusulkan kisaran indikator ekonomi makro yang akan digunakan sebagai asumsi dasar penyusunan RAPBN Tahun Anggaran 2024.

Adapun nilai pertumbuhan ekonomi yang diajukan berada pada rentang 5,3 persen hingga 5,7 persen dengan angka inflasi 1,5 persen hingga 3,5 persen.

"Angka tersebut masih bersifat rancangan dan masih akan menjadi bahan pembicaraan pada rapat-rapat selanjutnya," kata Amir menambahkan. sinpo

Komentar: