Lebaran Betawi, Tradisi Silaturahmi antara Masyarakat dan Pemprov DKI

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 22 Mei 2023 | 04:11 WIB
Foto: Anita Karyati - Beritajakarta.id)
Foto: Anita Karyati - Beritajakarta.id)

SinPo.id -  Berbagai hiburan dan kuliner khas Jakarta disajikan dalam perhelatan Lebaran Betawi 2023 di kawasan Monas, Minggu 21 Mei 2023. Acara mengusung tema'Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju' ini digelar sejak Sabtu 20 Mei 2023. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan Lebaran Betawi merupakan tradisi dari rangkaian perayaan Hari Raya Idul Fitri sekaligus ajang memperekat silaturahmi masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ini selaras dengan tema Lebaran Betawi tahun ini 'Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju.'

"Tema ini menekankan pentingnya solidaritas dan kekompakan masyarakat Betawi bersama warga Jakarta dalam mencapai kesuksesan pembangunan kota Jakarta yang berkontribusi pada kemajuan Indonesia," ucap Heru saat memberi sambutan dalam acara Lebaran Betawi 2023 yang digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu 21 Mei 2023. 

Jakarta, lanjut Heru, akan bertranformasi menjadi kota bisnis berskala global setelah tidak lagi menjadi status ibukota negara. Karena itu, kita perlu bekerjasama menguatkan ekonomi lokal, mengembangkan potensi warga, dan melestarikan budaya Betawi sebagai warisan kekayaan Indonesia yang dapat dinikmati masyarakat di dunia.
Dia mengajak masyarakat Betawi menjaga solidaritas dan kekompakan untuk mencapai kesuksesan pembangunan kota Jakarta.

"Tunjukkan ketulusan, keramahan, kehangatan serta kekompakan masyarakat Betawi kepada setiap orang yang tinggal dan berkunjung agar mereka merasa aman serta nyaman berada di Jakarta. Pengalaman ini akan memberikan kesan baik yang dapat meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembangunan kota dan masyarakat Jakarta," ungkap Heru.

Pada kesempatan ini, Heru juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pelaku seni budaya yang telah berpartisipasi pada kegiatan Lebaran Betawi 2023.

"Mari kita jadikan Lebaran Betawi sebagai momen perayaan untuk menjaga, memperkuat budaya Betawi, serta memastikan silaturahmi dan kekompakan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat yang harmonis di kota Jakarta," tandasnya.

Di akhir sambutannya, Pj Gubernur Heru mengucapkan pantun 'Pagi Hari Memetik Nanas, Sore Hari Petik Jambu Mete. Hari Minggu enaknya ke selatan Monas ada perayaan Lebaran Betawi yang menanti.'

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Beky Mardani mengatakan, sejak 2011 lalu masyarakat Betawi rutin menggelar hajat Lebaran Betawi. Agenda tersebut hanya tidak dilaksanakan lantaran kondisi pandemi tiga tahun belakangan.

"Kami bersyukur kegiatan yang dihadiri tokoh-tokoh Betawi seperti Fauzi Bowo ini berjalan lancar. Kami berterimakasih atas dukungan fasilitas yang telah diberikan Pemprov DKI," katanya, Minggu (21/5).

Dicontohkan Beky, dukungan fasilitas yang diberikan Pemprov DKI Jakarta seperti bantuan sarana prasarana tenda, pengisi hiburan dan promosi. Selain itu, kegiatan yang tahun ini dilaksanakan di kawasan Monas juga disiarkan secara langsung Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta melalui akun resmi Youtube Pemprov DKI Jakarta.

Diharapkannya, hubungan dan dukungan yang telah berjalan dengan harmonis terus berlanjut hingga tahun-tahun ke depan. Dia juga menyatakan harapannya, agar kegiatan Lebaran Betawi ini bisa dijadikan agenda resmi Pemprov DKI.

Apalagi ke depan, DKI Jakarta tidak lagi menjadi Daerah Khusus Ibu Kota setelah ditetapkannya Penajam Paser Utara, Kaliman Timur menjadi Ibu Kota Negara. Karena itu, DKI Jakarta harus segera memperkuat budaya masyarakat intinya, yaitu, Betawi agar tidak kehilangan arah dan memiliki identitas kebudayaan.

"Lebaran Betawi tahun 2023 ini semoga bisa menjadi momentum kita memperkuat masyarakat inti Jakarta, Betawi," tandasnya.

Hadir dalam acara ini, Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 Fauzi Bowo; Senator DPD RI, Sylviana Murni; sesepuh Tokoh Betawi, Edi Marzuki Nalapraya; Sekretaris Daerah DKI Joko Agus Setyono; Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata yang juga Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi  Marullah Matali; serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat Betawi.   sinpo

Komentar: