DPR Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Kolaborasi Sukseskan Kurikulum Merdeka

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 22 Mei 2023 | 11:58 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf. (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkolaborasi mensukseskan kurikulum merdeka yang sedang dalam tahap sosialisasi masif oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurutnya, kesuksesan kurikulum Merdeka bergantung pada kemauan pemkab atau pemkot yang menangani SD dan SMP, maupun pemprov yang menangani SMA, SMK, dan SLB. Namun, ia menilai terdapat dualisme kepentingan.

"Seperti saat sosialisasi Kurikulum Merdeka di Bandung Barat yang membicarakan SMK juga, tetapi orang pemprov tidak hadir. Padahal, kalau kegiatannya ada SMK, orang pemprov seharusnya ada sehingga pertanyaan-pertanyaan terkait SMK dan SMA terjawab oleh dinas provinsi," kata Dede seperti dikutip pada Senin, 22 Mei 2023.

Ia mengatakan, sinkronisasi antar dinas yang berada di bawah pemkab atau pemkot maupun pemprov juga menjadi faktor krusial. Sehingga apabila ada dualisme tanggung jawab, maka akan sulit berkoordinasi.

"Ada yang mengatakan domain saya SD dan SMP, domain saya SMA dan SMK, padahal seharusnya bisa saling komunikasi. Nah, yang kayak gini, tentu kami minta dukungan dari Kemendikbudristek untuk terus memberikan bimbingan pelatihan agar ada sinkronisasi antara dinas-dinas di daerah," tandasnya.sinpo

Komentar: