Hadapi Perubahan Iklim, Tujuh Negara AS Sepakat Konservasi Sungai Colorado

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 23 Mei 2023 | 10:47 WIB
Pemandangan di sungai Colorado (Sinpo.id/iStock)
Pemandangan di sungai Colorado (Sinpo.id/iStock)

SinPo.id -  Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat (AS), mengumumkan tujuh negara bagian telah menyepakati konservasi air dari Sungai Colorado sebagai terobosan di wilayah di mana kekeringan terus-menerus menjadi bahan perdebatan.

Tiga negara bagian yang membentuk Cekungan Sungai Colorado-Arizona, California dan Nevada, telah setuju untuk menghemat 3 juta acre-feet air, atau 3,7 miliar meter kubik, hingga tahun 2026. Artinya, air yang digunakan hanya sekitar 13 persen lebih sedikit selama tiga tahun.

"Ada 40 juta orang, tujuh negara bagian, dan 30 Suku Bangsa yang mengandalkan Cekungan Sungai Colorado untuk layanan dasar seperti air minum dan listrik,” kata Sekretaris Dalam Negeri Deb Haaland, dilansir dari Al Jazeera, Selasa 23 Mei 2023.

“Pengumuman hari ini adalah bukti komitmen pemerintahan Biden-Harris untuk bekerja dengan negara bagian, suku, dan komunitas di seluruh Barat untuk menemukan solusi konsensus dalam menghadapi perubahan iklim dan kekeringan berkelanjutan," imbuhnya.

Pasalnya, perubahan iklim telah memperburuk kekeringan di AS bagian barat, bahkan aliran air di sepanjang Sungai Colorado menurun sekitar 20 persen sejak tahun 1900-an. Sehingga penggunaan air dari sungai tersebut harus dikurangi.

Namun sebagai imbalan atas pengurangan penggunaan air sebesar 3 juta acre-feet (3,7 miliar meter kubik), California, Arizona, dan Nevada akan menerima USD 1,2 miliar sebagai kompensasi federal. Terlebih California akan mengalami pemotongan sekitar 1,6 juta acre-feet (2 miliar meter kubik).

Seperti diketahui, cekungan sungai tersebut meliputi negara bagian Wyoming, Colorado, Utah, dan New Mexico, dengan California, Arizona, dan Nevada di cekungan bawah.sinpo

Komentar: