Astronot Wanita Arab Pertama Tiba di Stasiun Ruang Angkasa ISS

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 23 Mei 2023 | 09:44 WIB
Rayyanah Barnawi (Sinpo.id/Reuters)
Rayyanah Barnawi (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Astronot wanita Arab pertama, Rayyanah Barnawi, yang pergi ke luar angkasa telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dia merupakan salah satu dari dua orang Arab dalam misi pribadi kedua Axiom Space, yang lepas landas dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu.

Ilmuwan biomedis berusia 34 tahun tersebut berencana untuk melakukan penelitian sel punca dan kanker payudara selama 10 hari di orbit di ISS. Dia juga berharap dapat menginspirasi wanita dari semua latar belakang di Timur Tengah.

"Bagi orang-orang di seluruh dunia, masa depan sangat cerah. Saya ingin Anda bermimpi besar, percaya pada diri sendiri, dan percaya pada kemanusiaan," kata Barnawi, dilansir dari BBC, Selasa 23 Mei 2023.

Dalam konferensi pers belum lama ini, dia mengatakan, menjadi astronot wanita Saudi pertama yang pergi ke luar angkasa merupakan kebahagiaan dan kehormatan yang sangat saya bawa. Dia juga berharap untuk berbagi pengalamannya di ISS melalui tautan video dengan anak-anak.

Seperti diketahui, Barnawi bergabung dalam Misi Aksioma 2 oleh sesama spesialis dari Arab Saudi, Ali Alqarni, yang merupakan astronot pria kedua dari kerajaan Teluk yang pergi ke luar angkasa. Mereka juga bersama dua orang Amerika lainnha, komandan Peggy Whitson dan pilot John Shoffner.

Selama berada di laboratorium yang mengorbit, para kru akan melakukan lebih dari 20 percobaan sains dan teknologi, termasuk pengaruh luar angkasa terhadap kesehatan manusia dan teknologi penyemaian hujan.
sinpo

Komentar: