DPR Pertanyakan Pertimbangan Pemerintah Ingin Impor Beras

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 24 Mei 2023 | 10:52 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Anggota Komisi IV DPR RI Riezky Aprilia mempertanyakan pertimbangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) ingin mengimpor beras. Pemerintah diharap memiliki data konkret terkait kebutuhan beras nasional sehingga mengharuskan Indonesia mengimpor dari luar.

"Terkait dengan apakah wajar atau enggak (impor beras), kita harus menjustifikasinya melalui data, oke hari ini luas tanam berapa hasil produksinya berapa, kan gitu. Nah pertimbangannya Kemendag, kebutuhan nasional seperti apa?" kata Riezky kepada SinPo.id, Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu bahkan menyatakan jika Komisi IV sejak awal sudah meminta Bapanas melakukan sinkronisasi data kebutuhan dan hasil produksi terlebih dulu sebelum membuka opsi impor beras tersebut.

"Dan antisipasi climate change itu dirasakan oleh hampir semua wilayah bahkan beberapa titik sudah muncul hotspot (titik panas). Ini yang memang harus segera diantisipasi oleh pemerintah," kata dia.

Pemerintah tengah mengkaji rencana impor dua juta ton beras. Impor itu diklaim untuk memenuhi kebutuhan nasional di tengah cuaca panas dan kemungkinan terjadinya el nino yang dapat menurunkan produksi pangan.

Pemerintah mengeklaim impor beras tidak akan mengganggu harga gabah petani dan akan menjadi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog di tengah ancaman el-nino.sinpo

Komentar: