Litbang Kompas: Cawapres Paling Diinginkan untuk Prabowo adalah Ganjar

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 24 Mei 2023 | 11:13 WIB
Kebersamaan Presiden Joko Widodo dengan Prabowo dan Ganjar (Sinpo.id/Tim Media)
Kebersamaan Presiden Joko Widodo dengan Prabowo dan Ganjar (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan 14,5 persen masyarakat menginginkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi cawapres pendamping Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berlaga di Pilpres 2024, Rabu, 24 Mei 2023.

Dalam survei tersebut, Litbang Kompas menampilkan sejumlah nama yang dinilai masyarakat cocok menjadi cawapres. Ganjar berada di urutan pertama dalam sosok cawapres Prabowo.

Setelah Ganjar, ada Sandiaga Uno yang memperoleh 13,5 persen, dan disusul Ridwan Kamil dengan angka 10,9 persen.

“Meskipun dalam hal ini, sosok Ganjar juga dominan diungkap oleh responden (14,5 persen) yang dinilai layak menjadi bakal cawapres Prabowo,” tulis laporan survei tersebut yang diterbitkan di Harian Kompas

Tak hanya mencantumkan sosok cawapres, Litbang Kompas juga memuat elektabilitas capres jelang pemilu tahun depan. Hasilnya, elektabilitas Prabowo menduduki posisi teratas dengan 24,5 persen, sementara Ganjar berada di urutan kedua dengan 22,8 persen suara dan Anies di urutan akhir dengan 13,6 persen suara.

Keunggulan atas Ganjar dan Anies juga terlihat dalam simulassi head to head capres pada survei yang diselenggarakan 29 April-31 Mei 2023 tersebut. Data terbaru pada Mei 2023 menuju kan 62 persen masyarakat memilih Prabowo menjadi presiden kertimbang Anies yang hanya mendapat 38 persen suara.

Sementara head to head dengan Ganjar, Ketua Umum Partai Gerindra itu dapat meraih dukungan sebanyak 51,1 persen dan menang atas Ganjar yang mendapat 48,9 persen suara.sinpo

Komentar: