Tren Positif Parpol Sejalan dengan Ketum, Pengamat: Cuma Gerindra dan Prabowo yang Bisa!

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 24 Mei 2023 | 12:09 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Survei Litbang Kompas merilis hasil jajak pendapat terkait elektabilitas partai politik (parpol) dan calon presiden di Pemilu 2024. Dalam survei tersebut Gerindra menjadi parpol yang paling tinggi lonjakan elektabilitasnya sejalan dengan tingkat keterpilihan sang ketua umum, Prabowo Subianto.

Menanggapi survei tersebut, pengamat Politik, Bawono Kumoro menilai hal ini jarang sekali terjadi. Wajar jika ia melihat hanya Prabowo dan Gerindra saja yang bisa melakukan hal tersebut.

"Tren positif dari dukungan publik terhadap partai politik sekaligus juga terhadap ketua umum partai politik tersebut jarang sekali terjadi selama ini," ujar Bawono kepada Sinpo.id, Rabu, 24 Mei 2023.

Berkaca pada pemilu-pemilu terdahulu, tren positif parpol dan tokohnya biasanya timpang tidak sejalan. Namun, untuk hasil survei kali ini, Gerindra dan Prabowo menunjukkan hal yang berbeda.

"Hal seringkali ditemui dalam hasil survei-survei selama ini dukungan publik tinggi terhadap sebuah partai politik tidak diikuti dengan dukungan publik terhadap ketua umum partai politik bersangkutan," ungkap dia.

Kata Bawono, dalam Pilpres 2024 memang Prabowo akan menjadi rival bagi Ganjar Pranowo yang notabene jagoan dari partai penguasa.

Namun, peran Prabowo sebagai Menhan dan kerja mesin partai Gerindra terbilang bisa main cantik, mulai dari menyelaraskan program pemerintah hingga upaya pemenangan Prabowo di Pilpres.

"Tren positif dukungan publik dialami oleh Partai Gerindra dan Prabowo Subianto secara bersamaan dalam satu periode survei ini, secara tidak langsung menunjukkan terdapat keselarasan antara kerja politik dari Partai Gerindra dan juga ketokohan dari Prabowo Subianto," ungkap Bawono.

Sebagai informasi, Litbang Kompas merilis hasil survei menjelang Pilpres 2024, Rabu, 23 Mei 2023. Hasilnya, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kokoh berdiri di puncak capres 2024.

Prabowo unggul atas nama-nama lain yang belakangan santer dikabarkan bakal ikut berlaga di pemilu tahun depan. Ia menempati urutan pertama dengan perolehan suara sebanyak 24,5 persen.

Elektabilitas Prabowo meninggalkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang meraup 22,8 persen suara dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan ketiga dengan 13,6 persen dukungan.

Sejalan dengan hal itu, Gerindra juga mengalami peningkatan elektabilitas yang signifkan, dimana pada Januari 2023 Gerindra baru mengantongi 14,3 persen melonjak jadi 18,6 persen pada Mei 2023.sinpo

Komentar: