Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Erdogan, AS Minta Turki Terus Jadi Sekutu NATO

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 29 Mei 2023 | 10:53 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Turki Tayyip Erdogan . (SinPo.id/Anadolu Agency)
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Turki Tayyip Erdogan . (SinPo.id/Anadolu Agency)

SinPo.id - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Tayyip Erdogan setelah memenangkan putaran kedua dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Turk pada Minggu, 28 Mei 2023. Biden berharap, Erdogan bisa membawa Turki terus menjadi sekutu Aliansi Pertahanan Negara Atlantik Utara (NATO).

"Saya berharap untuk terus bekerja sama sebagai sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global," tulis Biden dalam akun Twitternya, dilansir dari Reuters, Senin 29 Mei 2023.

Penekanan Biden terhadap kerja sama NATO berkaitan dengan ditangguhkannya status keanggotaan NATO oleh Turki dan Hungaria lantaran Swedia dianggap membiarkan aksi provokatif pembakaran Al Quran di Stockholm.

Namun penahanan perluasan NATO tersebut bukanlah satu-satunya duri dalam hubungan bilateral antara Washington dan Ankara. Pasalnya hubungan dekat Turki dan Rusia juga telah memperkeruh hubungan keduanya.

Erdogan terpilih kembali menjadi Presiden Turki pada putaran kedua Pilpres Turki. Demikian dinyatakan pimpinan Dewan Pemilu Turki (YSK) pada Minggu, 28 Mei 2023 waktu setempat.

Ketua YSK Ahmet Yener mengatakan Erdogan unggul atas pesaingnya Kemal Kilicdaroglu pada pemilu presiden Turki putaran kedua.

"Berdasarkan hasil suara yang belum disahkan, sang petahana memperoleh 52,14 persen suara, sementara pesaingnya Kilicdaroglu mendapatkan 47,86 persen suara," kata Yener kepada pers di Ankara.sinpo

Komentar: