Dihadiri Bikkhu Mancanegara, Berikut Rangkaian Waisak 2023 di Borodudur

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 29 Mei 2023 | 11:15 WIB
Bhante Thudong. (SinPo.id/Dok. Kemenag)
Bhante Thudong. (SinPo.id/Dok. Kemenag)

SinPo.id - Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Ditjen Bimas Buddha bersama lembaga-lembaga keagamaan Budha akan menyukseskan pelaksanaan peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur pada tanggal 4 Juni 2023 mendatang.

Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo mengatakan bahwa perayaan Waisak nanti akan menghadirkan banyak Bikkhu dari manca negara seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia.

"Merupakan suatu kebanggaan bahwa Candi Borobudur telah resmi menjadi tempat ibadah umat Buddha, bukan hanya bagi umat Buddha Indonesia, tapi juga umat Buddha dunia," kata Wibowo dalam keterangannya, di Jakarta, Senin 29 Mei 2023.

Wibowo memaparkan, rangkaian peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak diawali dengan tradisi berjalan kaki oleh para Bikkhu dari Thailand ke Borobudur.

"Ada tradisi Thudong dimana para Bikkhu berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia menuju ke Candi Borobudur," ujarnya.

Selain itu, lanjut Wibowo, Hari Raya Waisak tahun ini juga menjadi simbol kebersamaan umat Buddha, dimana dua organisasi keagamaan Budha terbesar di Indonesia, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) berkomitmen untuk merayakan Hari Raya Waisak secara bersama-sama. 

"Tidak mementingkan ego masing-masing, tapi mengutamakan sikap toleransi dan kebersamaan," ujarnya.

Sebagai informasi, menurut surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri tentang libur nasional dan cuti bersama telah menetapkan Hari Raya Waisak jatuh pada 4 Juni 2023. Detik-detik Waisak di Indonesia akan dirayakan pada pukul 10.41. WIB.

Berikut rangkaian acara peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 yang akan dilaksanakan antara lain :

1. Acara Bakti Sosial Pengobatan Gratis pada tanggal 30 dan 31 Mei 2023,

2. Api Dharma di Mrapen, Grobogan, dan Ritual pensakralan di Candi Mendut pada tanggal 2 Juni 2023,

3. Pengambilan Air Berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, dan Ritual pensakralan Candi Mendut pada 3 Juni 2023,

4. Acara Kirab Waisak Candi Mendut ke Candi Borobudur, Detik-Detik Waisak, Pradaksina Candi Borobudur, dan Pelepasan Lampion Waisak pada tanggal 4 Juni 2023.

"Acara festival pelepasan lampion merupakan pertanda penutupan perayaan Waisak 2567 BE tahun 2023. Festival lampion di Borobudur ini juga bisa diikuti oleh masyarakat umum," tandasnya.sinpo

Komentar: