Sri Mulyani: Rasio Utang Indonesia Masih Aman, di Bawah Batas Maksimal

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 30 Mei 2023 | 21:30 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa rasio utang Indonesia pada 2024 yang berkisar 38,07 persen hingga 38,97 persen, masih cukup aman. Menurutnya, angka itu masih berada jauh di bawah batas maksimal, yakni 60 persen.

Pasalnya, pengelolaan utang oleh pemerintah selalu dilakukan dengan sangat hati-hati dengan memperhitungkan biaya dan risiko secara cermat, sehingga dapat menjaga rasio utang dalam batas aman.

"Sejalan dengan hal tersebut, pembiayaan utang tetap dikelola secara prudent, dan sustainable sesuai best practice pengelolaan utang, dengan menjaga keseimbangan antara biaya dan risiko," kata Ani-sapaan akrab Sri Mulyani, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta pada Selasa, 30 Mei 2023.

Oleh karena itu, kata Sri Mulyani, pembiayaan utang untuk tahun 2024 akan mengedepankan asas produktif dan berkelanjutan, juga mempertimbangkan efisiensi. Bahkan pemerintah juga berkomitmen terus jaga keseimbangan biaya dan risiko dengan diverifikasi portofolio utang.

"Antara lain meliputi jenis instrumen utang, suku bunga, mata uang, dan tenor, serta mempertimbangkan kemampuan untuk membayar kembali,” kata Menkeu menambahkan.sinpo

Komentar: