Jokowi soal Logo 'Pohon Hayat' IKN Nusantara: Yang Pilih Rakyat, Bukan Presiden

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 30 Mei 2023 | 20:12 WIB
Presiden Jokowi saat peluncuran logo IKN Nusantara. (SinPo.id/Setpres)
Presiden Jokowi saat peluncuran logo IKN Nusantara. (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa 'Pohon Hayat' terpilih menjadi logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berdasarkan hasil sayembara dengan proses yang selektif. Ia menegaskan, logo itu terpilih bukan berdasarkan pilihan dirinya.

"Jadi yang milih bukan presiden. Hati-hati. hati-hati. yang memilih ini rakyat dan jumlahnya juga pemiliknya berapa tadi lima ratusan ribu. Jumlah juga yang tidak sedikit," ujar Jokowi saat mengumumkan logo IKN yang disiarkan langsung via akun Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa, 30 Mei 2023.

Jokowi berharap logo IKN Nusantara tersebut dapat memberi semangat untuk mewujudkan kehidupan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Pohon Hayat ini adalah pohon kehidupan. Pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, logo yang terpilih sebelumnya telah mendapat voting terbanyak dari masyarakat terhadap lima logo finalis. 

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menerangkan total setidaknya ada 500 ribu orang yang melakukan pemilihan dari lima logo IKN yang ditawarkan.

"Tetapi rakyat," ucap Bambang dalam sambutanya.sinpo

Komentar: