Komisi X DPR Khawatirkan Pemberitaan Negatif Wisatawan Berdampak Buruk pada Pariwisata

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 01 Juni 2023 | 05:50 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id -  Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno mengatakan pemberitaan negatif akibat perbuatan nakal wisatawan asing dapat menghancurkan pariwisata Indonesia. Untuk itu, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu meminta Kemenparekraf lebih responsif dalam menindak lanjuti pemberitaan negatif ini. Jika perlu membuat satu tim deputi khusus.

“Tentu sebagai orang media, kita memantau. Apalagi yang dipantau ini bidang yang kita kuasai yaitu tourism. Belakang ini di media sosial terutama, banyak sekali kegiatan tourism, para tourism ini melakukan bad news,” tuturnya.

Pernyataan itu disampaikan di dalam Rapat Kerja Komisi X dengan Menparekraf/Kepala Barekraf RI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu 31 Mei 2023.

Salah satu di antaranya adalah
pemberitaan adanya video terkait warga negara asing wanita asal Jerman yang melakukan tindakan tidak pantas seperti bertelanjang di sebuah pertunjukan tarian di Pura Saraswati Ubud, Gianyar, Bali. 
 
“Jadi, saya cuman berpikir, mudah-mudahan ini hanya tindakan pribadi ya. Tapi yang saya khawatirkan kalau ini sebuah tindakan organize. Nah ini impact-nya sangat luar biasa di tengah persaingan. Jadi saya ingin mengingatkan kita agar minimal kementerian ada statement untuk meng-counter berita-berita seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu,  Menparekraf Sandiaga Uno pun menyampaikan akan mendalami usulan tersebut karena memang persoalan ini perlu untuk diantisipasi. Dirinya juga menyatakan telah menerima video terkait wisatawan asing nakal tersebut. 

“Dan Kemenparekraf juga akan memastikan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan baik do and don'ts bukan hanya di Bali namun juga pariwisata lain,” ujar Menteri Sandiagasinpo

Komentar: