Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Apel Hari Lahir Pancasila

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 01 Juni 2023 | 05:03 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id -  Peringatan Hari Lahir Pancasila akan digelar di  kawasan Monas, Jakarta Pusat pada 1 Juni 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara. Tema peringatan Pancasila tahun ini, adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

"Tema Ini mengandung arti bahwa momentum peringatan hari raya Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia," ujar Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Rabu 31 Mei 2023.

Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila akan diikuti sekitar 553 kabupaten, kota dan provinsi.

Direktur Lalu Lintas Polda Daerah DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal akan menjadi Komandan Upacara. Kemudian, Arkamelvi Kamani didapuk menjadi Perwira Upacara Komando Garnisun Tetap (Kasko Gartap).

"Dilaksanakan di sisi Selatan lapangan monas Jakarta. Upacara peringatan Pancasila tanggal 1 Juni akan melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara," ujarnya.sinpo

Komentar: