SEA GAMES 2023

Komisi X: Prestasi Indonesia di SEA Games Momentum Bersaing di Internasional

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 01 Juni 2023 | 06:09 WIB
SEA Games 2023 (Wikipedia)
SEA Games 2023 (Wikipedia)

SinPo.id -  Pencapaian kontingen Indonesia di SEA Games 2023 menjadi momentum mendukung para atlet mengasah diri supaya mampu bersaing dalam berbagai cabang olahraga tingkat internasional. Pernyataan itu disampaikan Anggota Komisi X DPR RI Moh. Haerul Amri.

“Saya kira, ini sebuah candradimuka buat mas menteri. Mudah-mudahan, ke depannya, apa yang menjadi keberhasilan awal kerja mas menteri terus akan dilanjutkan menjadi jauh lebih besar lagi,” kata dia 
dalam Rapat Kerja dengan Menpora Dito Ariotedjo di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu 31 Mei 2023.

Kontingen Merah Putih berhasil memboyong total medali sebanyak 276 medali. Secara rinci, terdiri dari 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu. Delapan cabang olahraga mengantarkan Indonesia menjadi juara umum seperti wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulutangkis, voli, dan angkat besi.

Timnas Indonesia meraih medali emas usai melewati peristiwa dramatis mengalahkan Thailand dengan perolehan skor 5-2. Penantian ini menjadi nyata sekaligus terasa spesial karena Indonesia telah mengalami kegagalan meraih kemenangan sebelumnya selama 32 tahun.

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengapresiasi capaian itu.

“Ini luar biasa, menurut saya. Kita ga bisa bayangkan karena presiden kan menargetkan 69 medali emas. Waktu itu, Pak Menpora juga menargetkan 60. (Prestasi ini) terlampaui luar biasa. Terakhir itu, kita (raih) 87 (medali emas). Yang bikin saya gembira mas, capaian emas untuk atletik itu capaiannya bagus, hampir 45. Luar biasa ini. Terlebih juga bola,” ungkap Huda.sinpo

Komentar: