Jokowi Sebut Pancasila Buat Kepemimpinan Indonesia Diakui Dunia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 01 Juni 2023 | 11:40 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Ideologi Pancasila membuat Indonesia mampi menghadapi tantangan ekonomi. Termasuk, stabilitas sosial hingga politik di dunia. 

Jokowi juga menyatakan ideologi Pancasila membuat Indonesia semakin dipercaya dunia. Kesuksesan Indonesia memimpin Presidensi G20 maupun Keketuaan ASEAN 2023 sebagai bukti peran dari Ideologi Pancasila.

"Presidensi G-20 yang telah sukses dilaksanakan. Keketuaan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia," kata Jokowi dalam pidatonya di peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Juni 2023.

Dalam kesempatan itu juga, Jokowi menegaskan Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Kepala Negara mengatakan Indonesia tidak bisa didikte oleh negara manapun.

Meski begitu, kata Jokowi, Indonesia siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan bangsa-bangsa lain. Indonesia juga siap berkontribusi untuk dunia.

"Inilah Indonesia, Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapa pun, yang tidak dapat didikte oleh negara mana pun, namun siap selalu siap berkontribusi bagi dunia," kata Jokowi. sinpo

Komentar: