Ini Rute Rekayasa Lalu Lintas Selama Gelaran Formula E di Ancol

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 03 Juni 2023 | 10:09 WIB
Formula E (SinPo.id/ Dok. FEO)
Formula E (SinPo.id/ Dok. FEO)

SinPo.id - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, telah menyiapkan tiga rekayasa lalu lintas selama Jakarta International e-Prix Circuit (JIEC) berlangsung. Event tahunan ini akan diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu dan Minggu 3-4 Juni 2023.

“Terjamin dan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban fan kelancaran lalu lintas yang kondusif dalam kegiatan Jakarta E-Prix bagi pengunjung maupun masyarakat yang melintas di sekitaran sirkuit Jakarta E-prix, Jakarta Utara,” kata Latif dikutip dari laman NTMC Polri, 3 Juni 2023.

Latif mengatakan, ada tiga kategori yang disediakan, antara lain situasi hijau, kuning, dan merah. Hal itu melihat kapasitas kantong parkir yang disediakan di Taman Impian Jaya Ancol.

Dijelaskannya, situasi hijau ketika kendaraan masih tertampung pada kantong parkir dalam Ancol. Sirkulasi lalu lintas baik di dalam maupun di luar ancol berjalan normal.

Sementara situasi kuning ketika kantong parkir di Ancol sudah penuh. Antrean di pintu masuk ancol juga sudah mulai padat radius 100 -500 meter.

“Sebagian jalan di dalam Ancol sudah digunakan sebagai lokasi parkir,” kata dia.

Situasi kuning ini juga akan dilakukan pengalihan arus di setiap pintu masuk Ancol, jembatan hailay, Tl. Bintang Mas, TL Pasir Putih, dan Jembatan PLTU arah ke Pintu Karnaval. Parkir akan diarahkan ke kantong parkir cadangan sekirar Kemayoran.

“Dari arah Penjaringan, Lodan Raya – RE Martadinata, dari arah Gunung Sahari – RE Martadinata. Dari arah tol, keluar Ancol Barat ditutup, dialihkan ke arah Kemayoran,” terangnya.

Sedangkan, untuk situasi merah ketika kantong parkir di Ancol sudah tidak mampu menampung kendaraan dan kantong parkir cadangan di luar kawasan Ancol sudah penuh. Jalan di sekitar Kawasan Ancol macet, sirkulasi lalu lintas tidak bergerak radius kemacetan 1 km.

Pengalihan arus juga dilakukan di setiap pintu masuk Ancol. Dari arah Tol keluar Ancol Barat di tutup dan keluar Ancol Timur ditutup.

Dari arah Penjaringan dialihhkan di perempatan Parang tritis belok kanan kembali ke Penjaringam atau Kampung Bandan arah Tamansari. Dari arah Gunung Sahari dialihkan ke kiri ke Jalan Mangga Dua Raya Jakpus.

Dari arah Kemayoran putar balik di Bundaran Kemayoran atau masuk ke Tol Kemayoran atau ke Kampung Pademangan Timur. Dari arah Tanjung Priok ke RE Martadinata- Gunung Sahari.

Sementara untuk tol yang akan dialihkan di antaranya :

1. Pengalihan arus di keluar Ancol Barat, keluar Kemayoran dan keluar Ancol Timur dari arah.

2. Dari arah Bandara diarahkan ke keluar Tol Tanjungpriok,- Jl Yos Sudarso, Jl Enggano – RE martadinata atau pos 6 putar balik-masuk di GT Tanjung Priok 2 atau putar balik depan Mapolres masuk gate Kebonbawang.

3. Dari arah Cawang/Tanjung Priok diarahkan ke keluar tol Gedong Songo, kemudian dan ke Lodan Raya kembali.sinpo

Komentar: