Perayaan Waisak, CFD di Sudirman-Thamrin Ditiadakan Besok

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 03 Juni 2023 | 14:36 WIB
Aktivitas warga saat CFD (SinPo.id/ Ashar)
Aktivitas warga saat CFD (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day (CFD) di Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman esok hari Minggu, 4 Juni 2023 ditiadakan. Peniadaan CFD karena besok bertepatan dengan libur Hari Raya Waisak.

“Sehubungan dengan adanya Perayaan Hari Raya Waisak 2567 Buddhist Era, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Minggu 4 Juni 2023 ditiadakan,” tulis Instagram Dishub DKI, Sabtu, 3 Juni 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, hal itu sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

“Pelaksanaan HBKB di lima wilayah kota administrasi pada 4 Juni 2023 juga ditiadakan,” kata Syafrin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Syafrin menjelaskan, dalam Pasal 5 Ayat (1) mengatur bahwa HBKB dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan khusus (nasional/internasional) dan memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus.

Lokasi pelaksanaan HBKB di tingkat provinsi yakni Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman dan tingkat wilayah kota administrasi pada tanggal tersebut tidak dilakukan penutupan jalan.

“Masyarakat yang akan beraktivitas di Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman agar tidak berada pada badan jalan,” tandasnya.sinpo

Komentar: