Soal Cawapres Prabowo, Gerindra Bakal Berkonsultasi ke Presiden Jokowi

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 05 Juni 2023 | 21:14 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Presiden Joko Widodo bersama Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut bakal berkonsultasi soal cawapres pendamping Prabowo Subianto kepada semua pihak, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Dalam hal-hal menentukan calon wakil presiden akan dengan semua kekuatan partai politik yang mendukung beliau tokoh, ulama, kyai, habaib, termasuk dengan presiden," kata Muzani di Kantor DPP PAN, Buncit Raya, Jakarta Selatan, Senin, 5 Juni 2023.

Terkait pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bahwa ada bakal capres yang mengaku dekat dengan Presiden Jokowi, Muzani tidak merasa pernyataaan itu ditujukan kepada pihaknya. Hal itu, kata dia, lantaran Presiden Jokowi memang dekat kepada semua pihak. 

"Tidak (pernyataaan Hasto) , karena semua orang merasa dekat dengan Pak Jokowi. Ke PDIP Pak Jokowi juga dekat, ke kami juga dekat. Jokowi adalah presiden yang dicintai oleh seluruh rakyat Indonesia. Jadi kami tidak merasa, asik-asik aja," ucapnya. 

Lebih jauh, Muzani mengatakan, bahwa endorse Presiden Joko Widodo bukan satu-satunya penyebab elektabilitas Menteri Pertahanan itu tinggi. 

Akan tetapi, Muzani pun tidak membantah bahwa salah satunya penyebabnya adalah kedekatan Presiden dengan mantan Danjen Kopasus itu. 

"Bukan satu-satunya faktor itu (endorse Jokowi). Tapi sekarang ini keduanya (Jokowi-Prabowo) saling berdekatan saling bekerjasama maka kemudian ada kesan endorsement dukungan, itu yang kemudian menimbulkan rakyat itu sesungguhnya menyenangi," kata Muzani. 

Dia menambahkan, elektabilitas tinggi dari Prabowo juga lantaran dukungan dari internal partai Gerindra yang sangat solid. Sejak 2020, Gerindra sudah menggaungkan jika Prabowo akan menjadi calon presiden lagi dari Partai Gerindra. 

"Pak Prabowo itu adalah calon presiden yang sudah lama kita gaungkan, saya menggaungkan Pak Prabowo calon presiden tahun 2020 ketika beliau awal-awal menjadi Menteri Pertahanan. Dan Pak Prabowo sebagai calon presiden itu supportingnya dari internal partai dari survei manapun sangat tinggi, sekitar 80% pemilih Gerindra itu memilih Pak Prabowo," ucapnya. sinpo

Komentar: