IBADAH HAJI 2023

Cuaca Panas di Mekaah, Jemaah Haji asal Indonesia Diminta Beribadah Sesuai Kemampuan

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 07 Juni 2023 | 01:21 WIB
petugas penyelenggara haji /dok. Kemenag RI
petugas penyelenggara haji /dok. Kemenag RI

SinPo.id -  Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid mengimbau para jemaah menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri beribadah sunnah atau program ziarah. Cuaca panas di Makkah Al-Mukarramah, di mana suhu rata-rata di Kota Kelahiran Nabi Muhammad Saw ini berkisar 30-45 derajat Celsius.

“Cuaca di Makkah sangat panas. Jemaah diimbau menjaga kesehatan, tidak memaksakan diri dalam beribadah sunnah, dan laksanakan ibadah haji sesuai kemampuan diri,” kata Subhan Cholid dalam keterangannya yang diterima, Selasa 6 Juni 2023.

Subhan menjelaskan, fase kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama dari Madinah ke Makkah berlangsung sejak 1 Juni 2023. Sampai dengan 5 Juni 2023 pukul 21 waktu Arab Saudi. Tercatat sebanyak 22.932 jemaah haji Indonesia sudah berada di Makkah. Mereka tergabung dalam 58 kelompok terbang (kloter). Fase kedatangan jemaah dari Madinah akan berlangsung hingga 16 Juni 2023.

Sementara jemaah haji Indonesia gelombang kedua akan mulai diberangkatkan dari Tanah Air pada 8 Juni 2023. Mereka akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Makkah Al-Mukarramah.

"Fase kedatangan jemaah haji gelombang kedua di Makkah akan berlangsung dari 8 – 22 Juni 2023," ujarnya.

Berikut imbauan dari PPIH Arab Saudi untuk jemaah haji Indonesia:

a. Tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh;

b. Tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunnah, ziyarah, dan kegiatan lain yang akan menguras tenaga;

c. Beribadah sesuai kemampuan diri sehingga pelaksanaan ibadah haji, terutama pada masa Arafah, Muzdalifah, dan Mina dapat berjalan dengan baik dan lancar.sinpo

Komentar: